Resep
Minggu, 07 Desember 2014

Sharing Internet firstmedia untuk banyak komputer


Banyak banget tips tentang sharing internet first media atau yang sejenis, nah ane cuman mau sharing aja pengalaman ane nge-share internet dari fastmedia untuk 10 komputer di kantor :D , bukan kantor ane tapi kantor klien ane, mereka sebenarnya sudah lama menjadi pelanggan setia speedy tapi beberapa bulan ini sepertinya kualitas internet speedy agak menurun maka mereka kepikiran untuk berganti jasa penyedia layanan internet, dan jatuhlah pilihan kepada firstmedia, karena memang lagi booming banget di daerah sini.

Setelah pasang internet nah bagian IT nya pusing gimana cara ngeshare koneksinya, masalahnya semua komputer dikantornya terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan kabel tanpa ada wifi dan mengharuskan semua komputer harus mempunyai Ip address untuk dapat mengakses program administrasi kantornya, sedangkan menurut beberapa tips yang dia lihat di internet, sharing koneksi internet firstmedia bisa melalui wifi, sedangkan untuk pengadaan wifi card untuk tiap komputer bisa menjadi masalah lagi di kantornya, karena meskipun internetnya bisa konek tapi program administrasi kantornya gak mau konek.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengatasi hal ini, yang dibutuhkan adalah sebuah router yang bisa mengkloning mac address , udah tahu kan :D , pilihan nya adalah router dari TP link TL-WR941ND, kira-kira seperti ini penampakannya :


Setting dulu koneksinya dengan modem bawaan fisrtmedia, modem nya kira-kira seperti ini :

Caranya :
  1. Pastikan laptop/pc yang ingin digunakan untuk mengkonfigurasi router sudah dikenal oleh modem bawaan fastnet (colok dulu kabel utp dari modem fastnet ke laptop/pc dan pastikan internetnya nyambung)
  2. Cabut kabel utp dari modem fastnet di laptop/pc lalu colok ke Port WAN di router TP-Link
  3. Colok kabel utp bawaan tp-link ke salah satu port lan (di model  TL-WR940ND ada 4 port LAN) dan ke Laptop/PC tadi.
  4. Buka browser dan ketik http://192.168.1.1 masukan user: admin, pass: admin (ini pass standar tp-link)
  5. Pilih Quick Setup lalu klik next
    Pilih Dynamic IP, lalu klik Next

    Konfigur Wireless, isi SSID dengan nama yang anda kehendaki (dalam contoh ini nama adik saya), pilih WPA-PSK/WPA2-PSK pada wireless security dan masukan PSK Passwordnya.

    Quick Setup selesai!, klik Finish
  6. Clone Mac Address laptop/PC ke router (inilah sebabnya kenapa laptop/pc harus dikenal oleh modem fastnet pada langkah pertama di atas), caranya pilih menu Network -> MAC Clone lalu klik “Clone MAC Address”, lalu Save.
  7. Konfigur DHCP, masuk ke Menu DHCP lalu isi DNS dengan DNS Google, untuk isian yang lain boleh dibiarkan default saja. lalu Save.
  8. Setelah anda save TP-Link akan minta reboot silahkan klik tulisan “click here”
  9. Lalu Klik Reboot
  10. Setting router TP-Link untuk FastNet selesai deh 
Setelah berhasil konek ke internet maka berikutnya yang perlu dilakukan hanyalah mengkoneksikan Router dengan Switch hub agar internet bisa dinikmati oleh komputer yang lainnya,
Kira-kira skemanya seperti ini :



nah untuk IP nya tinggal menyesuaikan saja, Karena pada waktu setting modem menggunakan 192.168.1.1 maka sesuaikan IP untuk komputer yang lain. Dengan demikian konek si internet dan lan bisa lancar jaya :D


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer